Social Icons

Pages

Senin, 04 Maret 2013

MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEHAT




Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang sangat penting dan harus dilakukan oleh setiap orang. Kesehatan tubuh bisa diperoleh melalui konsumsi makanan bergizi dan air sehat higienis ataupun berolahraga secara teratur. Namun Anda pun harus berusaha menciptakan lingkungan sehat di sekitar Anda, karena lingkungan juga merupakan faktor penting bagi kesehatan tubuh.
Menciptakan lingkungan sehat tidaklah sulit dilakukan dan bisa dimulai dari hal-hal yang kecil yang kadang sering dilupakan oleh banyak orang, misalnya membuang sampah sekecil apapun pada tempatnya.
Menciptakan Lingkungan Sehat
Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bersih. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan untuk mendukung kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa contoh hal yang bisa Anda perbuat untuk menciptakan lingkungan yang sehat.
      Lingkungan dalam rumah
Lingkungan sehat berawal dari rumah Anda sendiri, dimana Anda hidup di dalamnya setiap hari. Apa saja yang harus dilakukan untuk membuat rumah yang bersih dan sehat?
1. Sediakan selalu tempat sampah di tempat-tempat tertentu, misalnya di dapur. Untuk tempat-tempat tertentu, sediakan tempat khusus sampah kering.
2. Jangan menunggu hingga tempat sampah penuh, terutama untuk sampah basah yang biasanya ada di dapur. Sampah bisa mengundang serangga (lalat atau kecoa) yang tentu saja bisa mendatangkan penyakit bagi keluarga.
3. Bersihkan lantai rumah secara rutin, dimulai dengan menyapu lalu dipel hingga benar-benar bersih.
4. Bersihkan pula bagian-bagian rumah yang lain, misal jendela, rak atau lemari, maupun perabotan rumah yang lain.
5. Jika ada kotoran, misalnya air minum atau makanan yang tumpah, segera bersihkan dengan lap basah lalu dikeringkan.
6. Salah satu cara menciptakan lingkungan sehat adalah dengan membiarkan udara luar dan cahaya matahari masuk ke rumah ketika pagi hari. Hal ini akan membuat rumah tidak pengap, segar, dan juga tidak nampak suram.
   Lingkungan luar rumah
Tak hanya lingkungan dalam rumah, Anda pun harus menjaga kebersihan lingkungan yang ada di luar rumah, mulai dari teras dan juga halaman/taman rumah.
1. Lakukan kerja bakti secara rutin minimal seminggu sekali untuk membersihkan teras dan halaman rumah. Bersihkan rumput liar, memangkas tanaman rimbun, atau membersihkan got agar tidak menjadi sarang nyamuk.
2. Sediakan tempat sampah khusus di luar rumah.
3. Atur tanaman di halaman agar tidak terlalu banyak tapi juga tidak terlalu sedikit. Pepohonan yang cukup di sekitar rumah akan membuat rumah tampak segar namun tetap terlihat asri.
Rawatlah selalu lingkungan Anda dengan memperhatikan penggunaan air setiap hari untuk berbagai kebutuhan, rasakan kesegaran dan kejernihan penjernih air untuk kesehatan Anda dan keluarga.

 Untuk membuat rumah yang rapi dan indah kita perlu melakukan cara seperti:
1. kita harus menyediakan tempat sampah
2. Kita juga harus menata tempat tinggal kita dengan rapi
3. Juga harus membersihkan rumah kita setiap hari
4. Juga harus melakukan 3M
    3M yaitu:
-. Menguras
-. Membakar
-. Menimbun
5. Kita juga bisa melakukan menghemat energi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar